Iuran BPJS Turun Lagi, Ini Rincian Tarif Terbarunya!

  • Whatsapp

Setelah kenaikan iuran BPJS di awal tahun menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat, Mahkamah Agung (MA) akhirnya memutuskan pembatalan kenaikan tarif tersebut. Pembatalan ini tentu disambut gembira oleh masyarakat, karena merasa kenaikan tarif begitu memberatkan. Iuran BPJS turun lagi dilatarbelakangi oleh gugatan Komunitas Pasien Cuci Darah (KPCDI) ke MA.

Read More

Tarif Terbaru Iuran BPJS Setelah Pembatalan Kenaikan Tarif

Sebelumnya, iuran BPJS sendiri mengalami kenaikan hingga 2 kali lipat, sebagaimana diatur pada dalam Perpres Nomor 75 Pasal 34 ayat 1 dan 2. Akibatnya, iuran untuk pasien kelas III menjadi Rp42.000, kelas II menjadi Rp110.000, dan kelas I menjadi Rp160.000. Dikarenakan naiknya tarif iuran BPJS ini, banyak masyarakat yang memilih untuk pindah ke kelas terbawah.

Namun, dengan diputuskannya pembatalan kenaikan tarif iuran BPJS oleh MA, dipastikan iuran BPJS kembali seperti semula. Tarif iuran BPJS kelas III kembali menjadi Rp25.500, kelas II menjadi Rp55.000, serta kelas I menjadi Rp80.000. Keputusan kenaikan iuran BPJS sendiri disebut MA bertentangan dengan Pasal 23A, Pasal 28 H Jo, dan Pasal 34 UUD Negara Republik Indonesia.

Bagaimana dengan Iuran BPJS yang Sudah Terlanjur Dibayarkan?

Sebagai pengguna BPJS, tentu Anda bertanya-tanya perihal kelebihan iuran yang sudah terlanjur dibayarkan. M.Iqbal Anas, Kelapa Humas BPJS Kesehatan, mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu salinan putusan MA terkait kelebihan iuran BPJS yang telah dibayarkan. Jika keputusan hanya berlaku setelah tanggal diterbitkan, maka tak ada refund untuk iuran yang telah dibayarkan.

Namun, tampaknya jadi atau tidaknya refund atas iuran BPJS yang telah terlanjur dibayarkan akan diputuskan sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan sendiri. Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, MA sama sekali tak mengatur skema refund dalam putusannya. Abdullah, Kepala Biro Hukum dan Humas MA, mengatakan pihaknya hanya memutuskan pembatalan kenaikan iuran BPJS saja.

Pembatalan kenaikan tarif iuran BPJS oleh MA, tentu menjadi kabar gembira bagi pengguna jaminan kesehatan ini. Tarif iuran BPJS turun lagi, yang tadinya mengalami kenaikan hingga 2 kali lipat dimulai dari awal tahun ini. Sekarang, masyarakat hanya perlu menanti keputusan apakah akan ada refund atau pengembalian dana atas iuran yang terlanjur dibayarkan di 2 bulan sebelumnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *