4 Jenis Perlindungan Jiwa dan Manfaatnya

  • Whatsapp

Kepemilikan perlindungan sangatlah penting bagi setiap orang dalam upaya memberikan perlindungan untuk dirinya. Perlindungan jiwa merupakan salah satu jenis perlindungan yang wajib untuk dimiliki. Dengan adanya perlindungan ini maka dapat menanggung kerugian finansial yang terjadi secara tidak terduga. Hal tersebut bisa disebabkan karena pihak tertanggung meninggal dunia.

Read More

Perlindungan jiwa sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Yang mana setiap jenisnya memberikan manfaat yang berbeda-beda untuk Anda. Berikut adalah beberapa jenis perlindungan jiwa tersebut.

1. Perlindungan Jiwa Berjangka

Perlindungan jiwa berjangka atau term life insurance memberikan perlindungan pada pihak tertanggung dengan jangka waktu tertentu. Kontrak yang disediakan biasanya 5, 10, hingga 20 tahun dengan pembayaran premi tetap serta tergolong lebih murah dibanding yang lainnya.

Perlindungan jiwa jenis ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memprioritaskan untuk pendidikan anak di masa depan. Selain itu, juga tepat ditujukan bagi Anda yang mempunyai kebutuhan biaya perlindungan tinggi, tetapi kondisi finansial Anda terbatas.

Jika Anda memiliki perlindungan jiwa berjangka, maka Anda akan mendapat keleluasaan untuk menentukan besar kecilnya premi yang disesuaikan dengan kemampuan Anda. Serta uang pertanggungan yang Anda dapatkan selaku pemegang polis juga bisa hingga miliran rupiah.

2. Perlindungan Jiwa Seumur Hidup

Perlindungan jiwa seumur hidup atau whole life insurance adalah perlindungan yang akan memberikan Anda perlindungan selama seumur hidup. Namun, di beberapa perusahaan perlindungan memberikan batasan manfaat ini selama 100 tahun.

Perlindungan jenis ini sangat tepat jika digunakan oleh Anda yang bebas dari tanggungan dan ingin memperoleh manfaat secara lebih. Tidak hanya sekedar untuk santunan kematian saja, jika Anda memiliki perlindungan jiwa seumur hidup ini maka Anda berkesempatan mendapatkan nilai tunai dari premi yang sudah Anda bayarkan. Jika Anda tidak bisa melakukan pembayaran premi, maka Anda bisa menggunakan nilai tunai dari premi yang telah Anda bayarkan untuk pembayaran premi selanjutnya.

Lalu, untuk premi perlindungan yang sudah Anda bayarkan, maka tidak akan hangus meskipun Anda tidak mengklaimnya. Serta, ketika kontrak tersebut sudah selesai, maka semua uang pertanggungan akan diserahkan kepada Anda.

3. Perlindungan Jiwa Dwiguna

Perlindungan jiwa dwiguna atau endowment insurance memberikan dua manfaat untuk Anda, yakni berupa perlindungan jiwa berjangka serta tabungan. Di mana Anda selaku pemilik polis bisa mendapatkan nilai tunai dari premi perlindungan yang telah Anda bayarkan, yakni berupa uang pertanggungan jika pihak tertanggung meninggal dunia dalam waktu yang sesuai dengan kebijakan di polis perlindungan. Kemudian polis tersebut bisa Anda tarik untuk waktu tertentu sebelum berakhirnya masa kontrak. Tentunya, perlindungan ini cocok untuk Anda yang ingin mempersiapkan biaya pendidikan anak serta dana pensiun lebih besar di masa depan.

4. Perlindungan Jiwa Unit Link

Perlindungan jenis ini adalah hasil dari kombinasi antara manfaat perlindungan dengan investasi dan yang kerap ditawarkan oleh agen perlindungan. Bagi Anda yang belum memahami tentang investasi, tetapi memiliki keinginan untuk berinvestasi sekaligus mendapatkan proteksi dari kematian, maka perlindungan jiwa unik link ini cocok Anda pilih.

Jika memilih perlindungan jenis ini, maka Anda tidak hanya memperoleh jaminan perlindungan saja, tetapi juga hasil dari investasi dengan bunga yang lumayan tinggi setiap tahun.

Itulah beberapa jenis perlindungan jiwa yang bisa Anda miliki untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, pastinya semua jenis perlindungan tersebut akan memberikan manfaat yang cukup besar, terutama dalam memproteksi diri Anda. Pastikan Anda memilih perusahaan perlindungan yang terpercaya dengan layanan yang Anda butuhkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *